Rabu, 27 Februari 2013

PENDIDIKAN VOKASI: Kab. Bandung Segera Miliki Akademi Komunitas

SOREANG (bisnis-jabar.com) – Pemerintah Kabupaten Bandung segera mendirikan akademi komunitas (AK) percontohan di sejumlah kecamatan.
Bupati Bandung Dadang Naser mengatakan akademi tersebut berstatus negeri dan pendidikan vokasi setingkat diploma satu atau diploma dua.
Pendidikan vokasi membuka beberapa program a.l otomotif, agro, teknologi informasi, dan perhotelan.
“Kami harus mendorong pendidikan vokasi,” kata Dadang kepada Bisnis di Soreang, Jumat (9/11).
Dadang beralasan pendirian akademi setelah pihaknya berkunjung ke China belum lama ini. Menurut dia, dengan AK, pemerintah bisa merintis sebuah politeknik daerah yang selanjutnya mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Bandung.
Di samping itu, AK juga untuk meningkatkan kualitas ketenagakerjaan, memperbesar akses ke perguruan tinggi, dan meningkatkan angka partisipasi kasar (APK).
Dia berharap pada 2013 AK bisa direalisasikan di Kabupaten Bandung.
“Kami menggandeng ITB sebagai fasilitatornya,” jelasnya.
Selain itu, katanya, masyarakat jangan berpikir jika AK harus memiliki bangunan besar.
“Akademi komunitas tidak harus bangunannya gede, tapi bisa di setiap wilayah per kelompok. Tidak lari ke bangunan, tapi lari ke minat agar masyarakat bisa belajar profesional serta memiliki sertifikat dan ijazah,” ungkap Dadang.
Meski demikian, sebenarnya, lanjutnya, di Kabupaten Bandung telah berdiri AK di SMK Pertanian Baleendah yang mahasiswanya ada 11 orang.
“Mereka sudah lama mendirikan AK dan bekerja sama dengan Unpad,” katanya.
Seperti diketahui, AK didirikan sesuai amanat Undang-unndang Pendidikan Tinggi yang mengamanatkan penguatan pendidikan vokasi disambut pemerintah dengan merealisasikan akademi komunitas di sejumlah daerah di Indonesia.(k29/ajz)
Sumber : http://www.bisnis-jabar.com/index.php/berita/pendidikan-vokasi-kab-bandung-segera-miliki-akademi-komunitas